BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kabupaten Wajo Propinsi Sulawesi Selatan sebagai
kabupaten yang memiliki potensi Pariwisata yang cukup besar apabila dikelolah/dikemas
secara baik.dipastikan akan dapat memberikam dampak keuntungan bagi peningkatan
Ekonomi Masyarakat,kualitas Sumber Daya Manusia melalui kunjungan wisata yang
akurat tentang daerah Pariwisata sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan
potensi suatu daerah disajikan dalam bentuk Website, yang dapat diandalakan
untuk meningkatkan pendapatan suatu daerah.
Dan pengunjung yang datang berkunjung kepariwisata
Kabupaten Wajo belum terlalu memadai untuk datang ditempat-tempat pariwisata
yang ada masih pengunjung-pengunjung
terdekat di daerah Kabupaten Wajo saja. dan masih banyak para wisatawan yang
belum tau tentang pariwisata di daerah Kabupaten Wajo sehingga belum banyak
wisatawan yang mengetahui objek-objek wisata yang cukup pontesial antara lain
wisata Danau tempe,wisata rumah adat,wisata laut,wisata kuburan pahlawan , air
terjun,Wisata Kuliner Wisata Kampung Sutera dan lain-lain.Dan pengunjung yang
datang pada tahun tahun 2016 bejumlah kurang lebih 7.000 / tahun,dan masih minim sekali pengunjung yang
datang. pada Dinas Pariwisata Kabupaten
Wajo saat ini masih menggunakan Media cetak/brosur untuk promosikan daerah
pariwisata tersebut dan membagikan brosur tersebut kepada wisatawan yang datang
berkunjung ketempat pariwisata Kabupaten Wajo.
Berdasarkan
alasan dan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk membuat sistem
informasi parwisata untuk menyalurkan objek-objek tempat wisata yang ada di
Kabupaten wajo. Maka penulis memandang penting untuk mengangkat judul:
”PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PARIWISATA KABUPATEN WAJO BERBASIS WEB” yang dapat mempermudah Dinas Pariwisata
Kabupaten Wajo didalam membuat,
menyimpan, serta mengelola data pariwisata dan dapat memberikan informasi
mengenai objek wisata yang ada di Kabupaten wajo sehingga meningkatkan jumlah wisatawan yang
berkunjung.
B.
Batasan Masalah
Berdasarkan
latar belakang permasalahan dan identifikasi masalah diatas ,maka dapat dibuat
suatu batasan masalah untuk keteraranya tujuan akhir dari penelitian ini,
batasan permasalahan yang dibuat yaitu meliputi :
1.
Sistem informasi yang di bangun hanya akan mengolah
informasi pariwisata yang ada pada kabupaten wajo.
2.
Sistem informasi akan menginput dan menampilkan informasi
mengenai objek wisata yang ada di kabupaten wajo.
C.
Rumusan
Masalah
Beberapa
masalah yang teridentifikasi dari latar belakang, maka penulismenarik beberapa
rumusan masalah yang dapat membantu penulis untuk mencapai sasaran dalam
pembuatan aplikasi, maka dari itu dapat dirumuskanlah masalah dari pembuatan
sistem sebagai berikut:
2.
Bagaimana mengimplementasikan sistem
Informasi apa saja yang terdapat pada web layanan publik Kabupaten wajo?
D.
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan penelitian dari skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1.
Untuk Merancang Sistem Informasi Pariwisata di Kabupaten
wajo dengan teknologi internet dan bersifat web dinamis.
2.
Untuk Mengidentifikasi dan menginventarisasi obyek-obyek
wisata yang berpotensi di daerah Kabupaten wajo khususnya daerah yang memiliki
potensi pariwisata alam.
E.
Manfaat Penelitian
Dengan
adanya sistem informasi pariwisata di Kabupaten wajo, diharapkan semoga kerja
keras yang dilakukan oleh penulis selama pembuatan sistem ini dapat diperoleh
banyak manfaat.
Adapun
manfaat yang penulis maksud adalah:
1.
Bagi Dinas Pariwisata Kabupaten wajo
a.
Sebagai pertimbangan dan masukan kepada Dinas Kebudayaan,
Pariwisata kabupaten wajo mengenai sistem informasi yang dapat membantu
penyelesaian masalah pengelolaan pariwisata di kabupaten tersebut.
b.
Memberikan kemudahan kepada bagian staff pariwisata dalam
mengelola pariwisata yang ada di kabupaten wajo.
c.
Menjadi media promosi pariwisata yang ada di kabupaten wajo,
sehingga meningkatkan wisatawan yang berkunjung.
d.
Memberi sumbangan ide kepada pemerintah daerah dalam usaha
menarik wisatawan yang berkunjung sehingga dapat menambah pendapatan daerah
Kabupaten wajo.
2.
Bagi Penulis
a.
menambah
pengetahuan dan wawasan
bagi penulistentang alurpembuatan sistem informasi pariwisata.
b.
Dapat menambah ilmu pengetahuan dengan menetapkan ilmu yang
didapat dibangku kuliah pada kenyataan yang ada terjadi di lapangan dan sebagai
sarana untuk menetapkan dan mengaplikasikan teori – teori yang telah diperoleh
dari sumber – sumber lain sehingga dapat bermanfaat bagi pihak yang memerluk
3.
Bagi akademik
Sebagai tambahan informasi
penggunaan sistem informasi pariwisata di Kabupaten Wajo dan sebagai bahan
pertimbangan untuk menindak lanjuti penelitian yang serupa serta sebagai
referensi di perpustakaan Stmik Handayani
bagi penelitian yang serupa dimasa yang akan datang.
4.
Bagi Wisatawan
Memudahkan wisatawan untuk
memperoleh informasi obyek wisata yang ada di
Kabupaten wajo.
F.
Sistematika Penulisan
Adapun sistematika
penulisan yang digunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.
Latar Belakang
B.
Batasan Masalah
C.
Rumusan Masalah
D.
Tujuan
Penelitian
E.
Manfaat
Penelitian
F.
Sistematika
Penulisan
BAB II LANDASAN
TEORI
A.
Definisi Sistem
1.
Karakteristik
Sistem
2.
Klasifikasi
Sistem
B.
Definisi Pariwisata
1.
Bentuk-bentuk
Pariwisata
2.
Jenis-jenis
Pariwisata
C.
Website
1.
World Wide Web
(WWW)
2.
HTTP
3.
Unified Request
Language (URL)
D.
Analisis dan Perancangan Sistem
1.
Analisis Sistem
2.
Perancangan
Sistem
3.
Model
Pengembangan Sistem
E.
Perangkat Lunak
1.
Xampp Server
2.
PHP
3.
MySQL
4.
Notepad++
5.
PHP
6.
Javascript
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.
Analisis Sistem yang Berjalan
B.
Analisis Sistem
yang Diusulkan
1.
Diagram Alir
2.
Bagan Alir
Program
C.
Analisis Kebutuhan
1.
Perangkat Keras
2.
Perangkat Lunak
3.
Pengguna Sistem
D.
Teknik Pengumpulan Data
1.
Teknik
Observasi
2.
Teknik
Wawancara
3.
Teknik
Kepustakaan
E.
Waktu dan Tempat Penelitian
1.
Waktu
Penelitian
2.
Tempat
Penelitian
F.
Gambaran Lokasi Penelitian
BAB IV PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
SISTEM
A.
Pemodelan Sistem
1.
ERD (Entity Relationship Diagram)
2.
Diagram Konteks
3.
DFD
B.
Desain Antar Muka
1.
Desain Menu
Utama
2.
Desain Input
3.
Desain Output
C.
Implementasi
D.
Pengujian Sistem
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar